Tanda - Tanda Kehamilan Awal pada wanita hamil

Tanda - tanda Kehamilan adalah masa-masa yang sangat dinantikan para pengantin baru, moment ini bahkan sangat ditunggu bukan hanya bagi kedua mempelai, melainkan sangat ditunggu juga bagi keluarga besar kedua belah pihak. Ketika seorang istri hamil, maka seluruh keluarga akan turut mendoakan bagi keselamatan sang ibu dan calon bayi. Bagi ibu harus sangat berhati-hati dalam segala hal dan sang suami wajib menjadi suami siaga (siap antar jaga).

Selama ini cara yang kita tahu untuk mengecek seseorang hamil atau tidak menggunakan alat yang sering disebut test pack, namun jauh sebelum alat tersebut digunakan secara umum, ada tanda-tanda tertentu yang dapat digunakan sebagai indikator bahwa seorang wanita hamil atau tidak. Berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan bahwa seorang wanita positif hamil.

  1. Sering buang air kecil dan sembelit - Salah satu tanda wanita hamil adalah sering buang air kecil, terutama di malam hari hal ini terjadi karena tubuh memproduksi cairan lebih banyak sekaligus janin dalam rahim semakin menekan kandung kemih inilah yang menjadi penyebab sering merasa ingin buang air kecil. Sembelit juga dialami oleh wanita yang sedang hamil, hal ini terjadi karena peningkatan jumlah hormon progesterone membuat otot rahim dan otot dinding usus mengendur, sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.
  2. Terlambat haid - Tanda kehamilan yang paling umum adalah terlambat haid, ketika rahim dibuahi oleh sel telur maka secara otomatis selama masa kehamilan Anda tidak akan mengalami haid. Janin yang berkembang di rahim akan membuat Anda tidak mengalami masa haid kurang lebih selama 9 bulan 10 hari. Itulah mengapa terlambat haid dapat menjadi salah satu tanda seorang wanita hamil.
  3. Mual dan mudah lelah - Ketika wanita hamil, kondisi tubuhnya sedang beradaptasi dengan kondisi baru karena di dalam rahimnya tumbuh calon bayi, hal ini menimbulkan gejala-gejala seperti mual, terutama jika mencium aroma-aroma amis dari ikan, telur, daging dll. Selain mual, wanita yang sedang hamil juga akan sangat mudah kelelahan. Terutama bagi para ibu muda, kondisi tubuh harus menerima kondisi yang belum pernah dialami sebelumnya, itulah alasan ibu hamil harus berhati-hati dan wajib menjaga kesehatannya.
  4. Perut semakin membesar - Ini adalah tanda yang umum dapat dilihat bahwa perut wanita yang hamil semakin hari akan semakin membesar karena di rahimnya tumbuh jabang bayi, semakin mendekati masa kelahiran, maka perut akan semakin membesar.
  5. Perubahan emosi - Wanita hamil akan sering mengalami perubahan emosi yang sangat drastis. Perubahan hormon-hormon yang sedang beradaptasi di dalam tubuh Anda akan membuat mood Anda naik-turun. Anda bisa merasa sangat senang, namun tiba-tiba berubah marah atau sedih karena hal-hal sepele, orang-orang disekitar Anda harus mampu memaklumi situasi seperti ini karena ibu hamil tidak menyadarinya.

Itulah beberapa tanda yang dapat menunjukkan seorang wanita hamil, tanda-tanda tersebut masih bersifat sangat umum, untuk lebih memastikannya Anda dapat menggunakan test pack atau konsultasi ke bidan untuk mengecek kebenarannya. Semoga bermanfaat.

Tanda - Tanda Kehamilan Awal pada wanita hamil | BLOG | 4.5 |

Artikel Menarik Lainnya