Cara berhenti merokok dengan cepat

Cara Berhenti merokok, Apakah Anda sedang berusaha berhenti dari kebiasaan merokok? Sudah berhasil atau masih merasa sulit meninggalkan rokok? Ada banyak penyebab yang membuat seseorang tejebak dalam candu rokok. Mulai dari alasan gengsi sampai alasan penghilang stres. Berbagai alasan dapat dikemukakan, namun alangkah baiknya jika sesuatu yang berdampak buruk bagi diri dan orang lain sebaiknya ditinggalkan. Seperti berhenti dari kebiasaan merokok.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhasil terlepas dari candu rokok, hanya saja sebagian besar orang yang hampir berhasil lepas dari kebiasaan merokok kembali ke kebiasan lamanya, bahkan lebih parah. Ada beberapa faktor yang membuat hal seperti itu terjadi misalnya: lingkungan bergaul mayoritas perokok, secara otomatis keyakinan Anda untuk berhenti akan goyah karena lingkungan tidak mendukung usaha Anda. Badan Anda sudah terbiasa dengan rokok, hal ini terkait dengan persepsi Anda bahwa jika tidak merokok Anda akan merasa mudah letih, mengantuk, dan kinerja menurun. Faktanya hal semacam itu tidaklah benar, itu hanya sugesti dari diri Anda yang salah. Berikut ini beberapa cara yang dapat ditempuh demi kesuksesan Anda terbebas dari candu rokok, antara lain:

  1. Coba pikirkan lagi alasan Anda merokok
    Beberapa orang terjebak pada kebiasaan buruk seperti merokok karena ikut-ikutan teman atau ingin dianggap “keren” tanpa tahu untung-rugi melakukannya. Nyaris tidak ada alasan positif yang mendukung Anda untuk terus memelihara kebiasaan merokok. Lebih banyak ruginya, dari segi finansial Anda menjadi sangat boros, dari segi kesehatan Anda justru memiliki potensi terserang berbagai macam penyakit mematikan. Kebiasaan merokok Anda juga sangat merugikan orang lain, karena perokok pasif pun memiliki potensi terserang penyakit yang juga sama berbahayanya dengan sang perokok.
  2. Minta dukungan orang-orang terdekat
    Dukungan orang-orang terkasih sangat membantu Anda dalam proses berhenti dari merokok. Orang-orang tersebut dapat Anda jadikan sebagai alasan kuat untuk meninggalkan hal tak bermanfaat tersebut, pasti Anda tidak akan tega jika orang-orang yang Anda sayangi menderita akibat kebiasaan buruk Anda. Jauhkan orang-orang terkasih dari bahaya sebagai perokok pasif.
  3. Hindari lingkungan perokok
    Mantabkan hati untuk berhenti merokok dan selama Anda masih dalam tahap berusaha berhenti, sebaiknya hindari lingkungan yang dapat memancing kebiasaan lama Anda untuk merokok. Butuh proses apalagi jika Anda termasuk orang yang tidak mudah menolak, demi kebaikan diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi sebaiknya jauhi lingkungan yang dapat memicu kebiasaan merokok Anda kembali lagi. Bergaulah dengan orang-orang yang juga sedang berusaha berhenti merokok, Anda akan saling mendukung dan memotivasi agar usaha Anda dapat berhasil.
  4. Sediakan permen sebagai pengganti rokok
    Ketika hasrat Anda untuk merokok datang, segera netralisir dengan permen. Bisa dengan permen karet atau permen lainnya selama hal ini mampu mengendalikan keinginan Anda untuk merokok. Sekaligus tanamkan dalam diri Anda bahwa dengan permen Anda juga dapat menikmati pekerjaan. Positif thingking.
  5. Atur pola makan yang sehat
    Mulailah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehingga tidak ada lagi alasan kinerja Anda menurun, letih, atau mudah lelah karena tidak merokok. Asupan gizi yang cukup akan membuat tubuh Anda segar, sehat, dan bersemangat meski tidak merokok.
  6. Mulailah rutin berolah raga
    Olah raga akan membuat badan Anda berkeringat, melalui keringat racun-racun sisa zat-zat rokok dapat dikeluarkan. Badan Anda akan terasa lebih segar dan sehat, pola hidup sehat secara otomatis akan membentuk kepribadian Anda menjadi orang yang lebih peduli dengan kesehatan.

Demikian beberapa jurus yang dapat Anda lakukan untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Kuatkan hati dan yakinlah bahwa yang Anda lakukan adalah sesuatu yang hebat dan memberi kesempatan orang lain untuk lebih bahagia hidup di sekeliling Anda. Selamat berjuang, semoga berhasil.

Cara berhenti merokok dengan cepat | BLOG | 4.5 |

Artikel Menarik Lainnya